Saturday, July 20, 2019

Prota Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019-2020

Tags

Salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting untuk dimiliki oleh Bapak dan Ibu dalam kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran baru 2019-2020 adalah Program Tahunan. Dan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada Tema / Tematik  tentunya seorang Guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap untuk memaksimalkan kegiatan pemberian materi pelajaran seperti RPP, Silabus, Prota, Promes, Analisis SKL, KI dan KD.

Membantu Bapak dan Ibu yang mengampu pada Kelas 5 jenjang SD dan MI, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 yang Admin sebutkan diatas. File yang dibagikan ini merupakan revisi tahun 2018 yang dibuat berdasarkan Buku Guru dan Siswa serta Permendikbud Nomor 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian untuk revisi K13 di tahun 2017

Prota merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Prota berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan program umum pembelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Prota tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Selengkapnya mengenai Perangkat pembelajaran PROTA utnuk Kelas V dalam pembelajaran K13, dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini sesuai dengan materi Buku Guru dan Siswa edisi revisi 2017 serta 2018 dari Kemendikbud.

Download contoh perangkat pembelajaran Prota Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019-2020
Langkah-langkah perancangan Prota:
  1. Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
  2. Menelaah jumlah Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran.
  3. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif.
Hari-hari libur meliputi:
  1. Jeda tengah semester
  2. Jeda antar semester
  3. Libur akhir tahun pelajaran
  4. Hari libur keagamaan
  5. Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
  6. Hari libur khusus (kegiatan khusus satuan pendidikan)
Itulah sekilas yang dapat Admin informasikan mengenai file program semester, selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link berikut ini.
PROTA Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DOWNLOAD

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon